Kamis, 20 Oktober 2011

Pengertian dan Ruang Lingkup Bisnis

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP BISNIS
1)   Pengertian Bisnis
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk"  dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Jadi Bisnis adalah semua aspek kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang(organisasi) yang menciptakan nilai (create value)melalui penciptaan barang dan jasa(create of good and service)untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan/laba melalui transaksi

Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi. 

1.  Fungsi Mikro Bisnis 
a. Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung Pekerja/ Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkankinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omset penjualan dan laba. 
b. Dewan Komisaris memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatanakan berjalan mencapai tujuan Pemegang Saham. 
c. Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggungjawab tertentu terhadap perusahaan.

2.  Fungsi Makro Bisnis 
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung 
a. Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawabperusahaan. 
b. Bangsa dan Negara tanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalambentuk kewajiban membayar pajak.

 Aspek-aspek Bisnis: 
1)    Kegiatan individu dan kelompok Penciptaan.
2)      Penciptaan nilai;
3)    Nilai Penciptaan barang dan jasa. 
4)    Keuntungan melalui transaksi.

Elemen dan Sistem Bisnis 
  1. Modal (capital ) :Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis 
  2.  Bahan-bahan(materials) : merupakan factor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untukdiolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  3. Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM :Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
  4. ketrampilan Manajemen (Management Skill ) : Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen Capital Materials Human Resource /Management Skill
Jenis Kegiatan Bisnis :
1. Perdagangan 
2. Pengangkutan 
3. Penyimpanan
4. Pembelanjaan
5. Pemberian informasi 

Karakteristik Sistem Bisnis : 
1. Kapitalisme 
2.  Sosialisme
3. Fasisme 
4. Komunisme 

Unsur-unsur penting dalam kegiatan Perekonomian, antara lain : 
1. Manusia 
2. Modal 
3. Material 
4. Metode
5. Manajerial 
6. Mesin / peralatan 

Bentuk dasar kepemilikan bisnis: 

1) Badan Usaha / Perusahaan Perseorangan atau Individu
Perusahaan perseorangan adalah badan usaha kepemilikannya dimiliki oleh satu orang. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu. Contoh perusahaan perseorangan seperti toko kelontong, tukang bakso keliling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.
2) Perusahaan / Badan Usaha Persekutuan / Partnership
Perusahaan persekutuan adalah badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Yang termasuk dalam badan usaha persekutuan adalah firma dan persekutuan komanditer alias cv.
a. Firma
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
b. Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap
CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Satu Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif.
3) Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.

5)      Tujuan Kebijakan Bisnis
a.       Melindungi Usaha Kecil Menengah
Mengingat posisi bisnis sebagai usaha bersama seluruh masyarakat Indonesia, maka Pemerintah perlu mencanangkan kebijakan bisnis yang didalamnya mengatur aturan dan batasan dalam berbisnis, sehingga tidak menggangu dan menekan Usaha Kecil Menengah yang merupakan penyokong perekonomian bangsa, terlebih Usaha Kecil Menengah merupakan bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat tingkat ekonomi menengah kebawah yang sangat membantu pendapatan perkapita dan pendapatan nasional.
b.      Melindungi Lingkungan Hidup Sekitarnya
sudah semestinya kita sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan wajib memelihara dan menjaga lingkungan hidup kita, demi kelangsungan hidup umat manusia di seluruh dunia.
c.       Melindungi Konsumen
Perlindungan konsumen adalah jaminan yang seharusnya didapatkan oleh para konsumen atas setiap produk barang maupun bahan makanan yang dibeli. Terutama dalam hal produk makanan,
d.      Pendapatan Pemerintah
Pemerintah sebagai pelaku pembangunan memerlukan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu Pemerintah memerlukan pendapatan dari kebijakan-kebijakan bisnis, guna memperlancar pembangunan fisik Negara Indonesia.

6)       Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untukmengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi dinegara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistemekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.

Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi, antara lain : 

1)      Perekonomian Terencana (planned economies) 
Sistem ini memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksidan alokasi hasil produksi. Ada dua bentuk utama perekonomian terencana,yaitu komunisme dan sosialisme.

2)       Perekonomian Pasar (market economic)
Sistem ini menganut bahwa pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan. Perekonomian pasar bergantungpada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu).

3)      Perekonomian pasar campuran (mixed market economies) adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana.
Sebuah sistem pasar adalah setiap proses yang sistematis memungkinkan banyak pelaku pasar untuk penawaran dan bertanya : penawar membantu dan penjual berinteraksi dan membuat kesepakatan. Hal ini tidak hanya mekanisme harga tetapi seluruh sistem peraturan , kualifikasi, kredensial , reputasi dan kliring yang mengelilingi bahwa mekanisme dan membuatnya beroperasi dalam konteks sosial. [1]
Sistem Pasar terbagi pada 4 bagian : 
1. Monopoli 
2. Monopsoni 
3. Oligopoli 
4. Pasar Persaingan Sempurna

7)   Hakikat Bisnis
Hakikat Bisnis adalah kebutuhan manusia yang berupa barang dan jasa yang harusdipenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atautukar-menukar barang ( barter ) yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak. 
Alasan orang belajar bisnis:
1.  Saling ketergantungan Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk memenuhikebutuhannya.
2.   Usaha mempertahankan dan meningkatkan standar hidup. Dengan bisnis seseorang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. 
3.  Kemajuan IPTEK. Seseorang dapat berjualan melalui internet mengingat kemajuan teknologi yang semakinberkembang. 
4.  Hubungan internasional. Seorang pengusaha yang telah mempunyai pasar, bisa dengan mudah mengeksporbarangnya ke luar negeri.\
5.  Adanya era globalisasi. Dengan berkembangnya era globalisasi, bisnis maju dengan pesat dan tumbuh denganbermacam-macam bentuk bisnis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar